Peta CPL PADP

NO

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

PROFIL LULUSAN

PENDIDIK ADMINISTRASI PERKANTORAN

PRAKTISI PERKANTORAN

PRANATA LABORATORIUM PENDIDIKAN

WIRAUSAHAWAN MICE

SIKAP

1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam men-jalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemaju-an peradaban berdasarkan Pancasila.

4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temu-an orisinal orang lain.

6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan ber-masyarakat dan bernegara.

8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

9

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas peker-jaan di bidang keahliannya secara mandiri.

10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuang-an, dan kewirausahaan.

11

Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan kode etik guru Indonesia.

12

Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan ke-mampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.

13

Memiliki sikap ilmiah dalam menemukan produk keilmuan melalui proses ilmiah.

PENGETAHUAN

14

Menguasai konsep dasar administrasi dan aplikasi-nya, meliputi: 1) Manajemen; 2) Komunikasi; 3) Organisasi; 4) Perbekalan; 5) Ketatausahaan; 6) Kepegawaian; 7) Keuangan; dan 8) Humas.

15

Memahami prinsip dasar kurikulum dan pen-jabarannya dalam pembelajaran administrasi per-kantoran.

-

16

Memahami perbedaan dan karakteristik peserta didik.

-

-

-

17

Memahami prinsip technological pedagogical and content knowledge (TPACK) untuk pembelajaran administrasi perkantoran yang mendidik.

-

-

18

Menguasai metode dan teknik penelitian kepen-didikan untuk memecahkan permasalahan pem-belajaran administrasi perkantoran.

-

-

19

Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelola-an, pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di laboratorium administrasi perkantoran.

20

Menguasai prinsip dan teknik penggunaan tekno-logi informasi dan komunikasi dalam pem-belajaran administrasi perkantoran.

-

21

Menguasai pengetahuan tentang peraturan per-undangan pendidikan dan keguruan yang berlaku.

-

-

22

Menguasai pengetahuan kewirausahaan dan aplikasinya dalam bidang Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE).

-

-

-

KETERAMPILAN UMUM

23

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengem-bangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang ke-ahliannya.

24

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

25

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai human-iora sesuai dengan keahliannya berdasarkan ka-idah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

26

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan meng-unggahnya dalam laman perguruan tinggi.

27

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlian-nya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

28

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

29

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

30

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

31

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, meng-amankan, dan menemukan kembali data untuk men-jamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KETERAMPILAN KHUSUS

32

Mampu memilih, merancang, menyiapkan,  dan menggunakan bahan dan alat-alat laboratorium administrasi perkantoran serta perangkat lunak yang tepat sesuai kaidah keilmuan administrasi.

-

-

33

Memiliki kemampuan dasar untuk merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karak-teristik pembelajaran mata pelajaran administrasi perkantoran, meliputi: 1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran administrasi perkantoran; 2) menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran administrasi perkantoran; dan 3) menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku yang mengintegrasikan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

-

-

-

34

Memiliki kemampuan dasar untuk melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri pada mata pelajaran administrasi per-kantoran.

-

-

-

35

Memiliki kemampuan dasar untuk menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi: 1) melak-sanakan penilaian otentik-holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan 2) menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

-

-

-

36

Memiliki kemampuan dasar untuk merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah.

-

-

-

37

Mampu menggunakan dan mengadaptasi teknologi informasi dan komunikasi dalam melaksanakan tugas profesionalnya.

38

Memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif.