Hikari Event Organizer Menyelenggarakan JJ FEST (Javanese and Japanese Festival) 2023

Yogyakarta – Pada tanggal 13 Mei 2023 bertempat di Sevensky Lippo Plaza, Daerah Istimewa Yogyakarta telah terlaksana event JJ FEST (Javanese and Japanese Festival). Event ini merupakan acara perdana yang diadakan oleh Hikari Event Organizer dari mahasiswa/i semester 4 Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta guna memenuhi tugas mata kuliah Manejemen Event yang memiliki tema “Show Your Powerful Side” akan memberikan perhatian lebih terhadap para pecinta budaya Jepang.
Event Javanese and Japanese Festival ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan ruang berekspresi pencinta animasi Jepang dan untuk mengembangkan minat dan bakat. Minat yang dimiliki remaja terhadap budaya jepang dapat dikembangkan menjadi hal yang dapat memberikan nilai lebih. Melalui event cosplay dan coswalk competition, minat tersebut dapat dikembangkan menjadi bakat yang menghasilkan prestasi.
JJ FEST (Javanese and Japanese Festival) mengangkat konsep menggabungkan budaya Jawa dengan budaya Jepang. budaya Jawa diambil dari penampilan guest star yang membawakan beberapa lagu Jawa dan budaya Jepang diambil dari kompetisi berupa cosplay and coswalk. Event cosplay dan coswalk saat ini menjadi sebuah acara yang selalu dinantikan oleh para anak muda khususnya peminat budaya Jepang. Tidak heran jika beberapa event yang telah terselenggara selalu ramai diikuti oleh para cosplayer, seseorang yang berdandan mirip tokoh anime. Jumlah pengunjung yang hadir dalam event JJ FEST sekitar 2000 pengunjung lebih, selain untuk melihat pertunjukan cosplay dan coswalk mereka juga memiliki tujuan untuk berburu merchandise anime dan melihat beberapa penampilan guest star. Sedangkan yang mendaftar untuk kompetisi cosplay terdapat 11 orang dan coswalk 47 orang.
Acara diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Hikari Event Organizer, Ajeng Nurmalia. Setelah sambutan selesai, acara selanjutnya cosplay dan coswalk competition. Kemudian, sambutan oleh dosen pembimbing Manajemen Event Ibu Rr Chusnu Syarifa Diah Kusuma, S.A.B., M.Si dilanjutkan pengumuman dan penyerahan hadiah. Di sela-sela acara terdapat penampilan beberapa guest star yaitu Kohi Sekai, Minerva Land, Heavy Machine Gun, Rekan Musik, dan Day Tripper Band.
Guest star yang pertama adalah Kohi Sekai, merupakan idol lokal asal Yogyakarta yang terbentuk pada 19 Juni 2019. Member Kohi Sekai terdiri dari Dea Awalia Kohi Sekai, Chintya Norasella Kohi Sekai, dan Faatin Han Kohi Sekai. Sejauh ini, Kohi Sekai telah merilis lima MV yang dapat ditonton melalui YouTube Kohi Sekai. Dalam event JJ FEST, Kohi Sekai menampilkan beberapa lagu yaitu Ready, Ingin Kamu, Ignite, Close Friend, dan Dear My Friends.
Guest star yang kedua adalah Minerva Land, merupakan idol lokal asal Yogyakarta yang terbantuk pada 3 Agustus 2019 dengan mengusung konsep cheerfull dan colorfull. Member Minerva Land terdiri dari Vanessa, Ninda Dwi, Nana, Jazzy, dan Heira. Dalam event JJ FEST, Minerva Land menampikan beberapa lagu yaitu Overture, Boku No Stage, My Everyday, Oshibe to Meshibe, dan Dream.
Guest star yang ketiga adalah Heavy Machine Gun, merupakan band lokal asal Yogyakarta. Anggota band Heavy Machine Gun terdiri dari Heri selaku gitaris dan DJ, Demo selaku drummer, Ariev selaku gitaris, Umbeldisco selaku bassist, dan Fais selaku vocalist. Dalam event JJ FEST, Heavy Machine Gun menampilkan beberapa lagu yaitu Fuyu No Hanashi’-Given (The Seasons), Flow-Sign, Man With a Mission-Database, One Ok Rock-Mighty Long Fall, dan S.I.M-KiLLiNG ME.
Guest star yang keempat adalah Rekan Musik, merupakan band lokal asal Yogyakarta. Rekan Musik sering membuat cover lagu yang diunggah di YouTube Rekan Musik dan sudah ditonton lebih dari 3 ribu. Dalam Event JJ FEST, Rekan Musik menampilkan beberapa lagu yaitu Klebus, Kalih Welasku, Durung Ikhlas, Kok Iso Yo, Cerito Mustahil, Jogja Istimewa, Rasah Bali, Dadi Siji, Sanes, dan Nemen.
Guest star yang kelima adalah Day Tripper Band, merupakan band yang berasal dari UKM Sicma UNY. Day Tripper Band merupakan perwakilan mahasiswa UNY yang tampil dalam event kami. Tujuan kami mengundang band asal UKM Sicma UNY adalah agar dapat memberikan wadah bagi UKM Sicma untuk menyalurkan bakatnya dan mempromosikan UKM Sicma agar dapat lebih dikenal banyak orang. Dalam event JJ FEST, Day Tripper Band menampilkan beberapa lagu yaitu Rungkad, Klebus, Lemah Teles, Balik Kanan Wae, Cidro 2, Sanes, Jogja Istimewa, Pingal, Menepi, dan Aku Ikhlas.